Petualangan Anak Indonesia (Indonesian Children’s Adventure)

Perhatian: ulasan buku ini akan ditulis dalam Bahasa Indonesia dulu, dan Bahasa Inggris berikut.

Note: this book review will be written first in Bahasa Indonesia, then English afterwards.

Buku anak tentang empat anak Indonesia dan petualangannya

Lebih dari 13 tahun yang lalu, saya pindah ke Indonesia untuk berkuliah untuk enam bulan di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarata, Jawa. Pada waktu itu saya bertemu banyak teman baik Indonesia maupun Australia, termasuk penulis ini. Pada tahun 2012, kami bertemu lagi di peristiwa waktu bukunya diterbit dan saya memintanya untuk menandatangani buku saya. Walaupun saya bisa berbicara Bahasa Indonesia, saya sedikit takut membaca buku Indonesia karena kosa kata saya masih rendah. Tahun lalu, saya membaca dan mengulas “Cantik Itu Luka“. Susah sekali membacanya tetapi saya sudah sedikit lebih berani dan siap mencoba buku Bahasa Indonesia lain.

Foto ini menunjukkan “Petualangan Anak Indonesia” ditulis oleh Nicholas Mark dan ilustrasi oleh Bambang Shakuntala. Bukunya di atas kain batik di samping kotak batik. Di dalam kotak ada obyek emas bentuknya gunungan wayang. Sampul buku ada gambar empat anak, tiga monyet, tiga peri dan satu garuda.

“Petualangan Anak Indonesia” ditulis oleh Nicholas Mark dan ilustrasi oleh Bambang Shakuntala adalah buku anak yang berisi tiga kisah. Kisah pertama berjudul Wayan dan Kutukan Hutan Monyet Ubud terletak di pulau Bali. Wayan harus membantu monyet-monyet hutan mengalahkan makhluk-makhluk jahat. Kisah kedua berjudul Mutia dan Keajaiban Pulau Emas terletak di Sumatera Barat. Mutia coba membantu wanita tua, akan tetapi wanita tua ada rencana jahat dan Mutia yang berani harus membantu mahkluk lain. Kisah ketiga berjudul Nanda & Dani Membongkar Rahasia Yogyakarta terletak di Jawa. Kakak beradik Nanda dan Dani harus berjalan di bawah tanah dari Gunung Merapi ke kota Yogyakarta lewat gang rahasia untuk melindungi kotanya.

Buku ini sangat menyenangkan. Mark menulis tentang empat anak Indonesia dari budaya and daerah beda tetapi mereka semua anak berani. Buku ini termasuk makhluk mitos Indonesia dan lingkungan, budaya, gedung dan makanan khas Bali, Sumatera Barat dan Jawa. Ilustrasinya hebat dengan banyak detail cerdas.

Buku ini cocok untuk baik anak Indonesia maupun orang asing yang mau berlatih Bahasa Indonesia.

Children’s book about four Indonesian children and their adventures

Over 13 years ago, I moved to Indonesia to study for six months at Universitas Gadjah Mada in Yogyakarta, Java. During that time I made lots of Indonesian and Australian friends, including this author. In 2012, we met again at an event when his book was published and I asked him to sign my book. Although I can speak Indonesian, I am a bit afraid of reading Indonesian books because my vocabulary is still low. Last year, I read and reviewed “Beauty is a Wound“. It was really difficult to read it but I’m not a bit braver and ready to try other books in Indonesian.

Image is of “Indonesian Children’s Adventure” by Nicholas Mark with illustrations by Bambang Shakuntala. The book is on top of batik fabric next to a batik box. Inside the box is a gold object in the shape of a mountain puppet. The book cover has a picture of four children, three monkeys, three fairies and a garuda.

“Indonesian Children’s Adventure” by Nicholas Mark with illustrations by Bambang Shakuntala is a children’s book which contains three stories. The first story titled Wayan and the Curse of the Ubud Monkey Forest is set in the island of Bali. Wayan has to help the monkeys of the forest defeat evil creatures. The second story titled Mutia and the Miracle of Gold Island is set in West Sumatra. Mutia tries to help an old woman, but the old woman has an evil plan and brave Mutia has to help other creatures. The third story titled Nanda & Dani Uncover the Secret of Yogyakarta is set in Java. Brother and sister Nanda and Dani have to travel underground from Mount Merapi to the city of Yogyakarta through secret tunnels to protect the city.

This book was very enjoyable. Mark writes about four Indonesian children from different cultures and regions however they are all brave kids. This book includes Indonesian mythological creatures and environments, cultures, buildings and food representative of Bali, West Sumatra and Java. The illustrations are great with lots of clever details.

This book is suitable for both Indonesian children and foreigners who want to practise their Indonesian language.

Leave a comment

Filed under Book Reviews, Children's Books, Signed Books

Leave a comment